8 Rekomendasi Wisata Kuliner di Medan

October 28, 2016


Belum lengkap rasanya kalau berlibur tidak disertai dengan wisata kuliner. Setiap tempat yang didatangi, pasti memiliki ciri khas dan surga makanannya sendiri. Kebetulan, saat saya akan mengunjungi Danau Toba bersama teman-teman, saya sempat mencoba beberapa makanan dan minuman yang katanya sangat terkenal di Medan. Bahkan kepopuleran makanan-makanan tersebut sampai terdengar gaungnya ke pulau Jawa. Makanan dari restoran yang saya cicipi merupakan hasil rekomendasi dari berbagai sumber. Berikut adalah rekomendasi makanan yang harus Anda coba saat berkunjung ke Medan, Sumatera Utara:

Lontong Medan Kak Lin
Tidak perlu lah dijelaskan secara mendetail. Yang namanya lontong sayur, pasti enak dan laris. Lokasi lontong Medan Kak Lin di Jalan T. Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan, juga wajib Anda coba. Oh ya, semakin siang Anda mendatangi Lontong Medan Kak Lin, kesempatan Anda untuk mendapatkan paket lontong sayur komplit akan semakin menipis. So, jangan menunggu sampai sore jika Anda ingin mencicipi Lontong Medan Kak Lin.
Lontong Medan Kak Lin
Mie Aceh Titi Bobrok
Mie Aceh Titi Bobrok yang terletak di Jl. Setia Budi No. 17 D, Sei Sikambing B, Medan Sunggal, Kota Medan, memang paling terkenal karena Mie Aceh-nya yang menggugah selera. Meskipun sepanjang jalan di Medan Anda bisa menemukan banyak penjual Mie Aceh, namun Mie Aceh Titi Bobrok tetap yang paling dicari oleh wisatawan. Terdapat beberapa pilihan seperti Mie Aceh kuah atau goreng, dengan campuran kepiting, udang, daging, cumi, atau telur. Harga yang ditawarkan juga variatif, tergantung campuran yang Anda inginkan pada makanan Anda.
Mie Aceh Goreng Telur - Mie Aceh Titi Bobrok
Es Lincah Mameh
Masih di Mie Aceh Titi Bobrok, kami menemukan hal tidak biasa di daftar menu. Ada minuman dengan nama Es Lincah Mameh, yang tanpa ragu segera kami pesan. Minuman ini wujudnya mirip seperti es buah, namun dengan rasa seperti rujak: manis dan asam tapi menyegarkan. Jika Anda mampir ke Mie Aceh Titi Bobrok, Anda juga wajib mencoba Es Lincah Mameh disana.
Es Lincah Mameh - Mie Aceh Titi Bobrok
Es Buah Kietna
Es Kietna adalah salah satu minuman yang hanya bisa Anda temui di Medan. Terbuat dari jeruk Kietna yang berukuran kecil, minuman ini memiliki rasa asam dan manis yang menyegarkan. Jeruk Kietna diperas bersama dengan garam, lalu dikeringkan sampai layu. Jeruk Kietna yang sudah layu kemudian diiris tipis-tipis, kemudian ditambah dengan kayu manis, gula, dan air, maka jadilah Es Kietna. Segar!
Es Kietna
Durian UCOK
Jangan bilang pernah ke Medan kalau belum mencoba durian UCOK. Durian yang disediakan disini adalah durian manis dan durian manis-pahit. Harga yang ditawarkan beragam, tergantung dari besarnya durian tersebut.
Durian UCOK
Kedai Kopi Apek
Lupakan Starbucks, karena di Medan ada kedai kopi yang sangat terkenal dan wajib Anda kunjungi, yaitu kedai kopi mungil dengan nama Kedai Kopi Apek yang berlokasi di Jalan Hindu No. 37. Kedai Kopi ini sudah berdiri sejak 1922 dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Bangunan Kedai Kopi Apek masih berupa bangunan tua, tanpa papan nama, dan masih sangat autentik. Kopi yang terkenal di Kedai Kopi Apek adalah kopi sidikalang. Kedai ini juga menyediakan roti bakar dan tidak melarang pengunjungnya membeli makanan dari pedagang di luar Kedai Kopi. Kebetulan saat itu saya memesan kopi susu yang disajikan secara terpisah, sehingga pengunjung bisa mengatur takaran susu dan kopi sesuai yang diinginkan. Namun harga yang ditawarkan untuk secangkir kecil kopi susu--yang habis dalam empat tegukan--serta setangkup roti bakar isi cokelat-keju, hampir sama dengan harga dua gelas coffee di Starbucks.
Kopi Susu Kedai Kopi Apek Medan
Restoran Tip-Top
Hampir sama seperti Kedai Kopi Apek, restoran Tip Top di kawasan Kesawan, Jalan Ahmad Yani, Medan, konon sudah berdiri sejak 1930-an. Bangunan masih autentik seperti pertama kali didirikan. Yang khas dari restoran Tip Top adalah es krim legendaris-nya yang terkenal home-made dari resep nenek moyang. Sepintas es krimnya memang terlihat biasa saja, namun saat sampai di mulut, es krim di restoran Tip Top terasa lebih padat. Saat itu saya memesan Donauwellen Ice dan Carmen Ice. Jika Anda tidak terlalu suka rum, saya merekomendasikan Anad pesan Carmen Ice saja. Untuk es krim di Restoran Tip-top, harganya sekitar IDR 21-30K per porsinya. Disajikan di cawan kecil dengan satu scoop es krim, ditambah buah-buahan, kacang, dan krim.
Donauwellen Ice dan Carmen Ice
Soto RM Sinar Pagi
Terletak di Jl. Sei Deli No.2, Silalas, saya sempat kaget melihat ramainya rumah makan tersebut. Untuk duduk pun kita harus minta dicarikan tempat duduk oleh waitress disana. Suasananya pun mirip kompetisi masak Masterchef. Mbak-mbak waitress akan teriak menyebutkan pesanan kalian ke bapak-bapak yang bertugas menyiapkan soto di bagian depan. Tidak perlu menunggu lama, semangkuk kecil soto dan sepiring nasi akan muncul di hadapan kalian. Untuk makan berempat dengan pesanan 4 soto daging, 4 nasi, dan 4 teh tawar hangat, kami harus membayar sekitar IDR 129K, dan sempat bikin kita ternganga karena cukup mahal untuk porsi makanan ala anak-anak.
Soto Sinar Pagi
Nah, kira-kira itulah 8 rekomendasi wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi di Medan. Selamat mencicipi!

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe