Cara Menuju Pulau Pahawang

May 14, 2017

Ini adalah perjalanan pertama saya dengan menaiki kapal laut, pemberangkatan dari Pelabuhan Merak. Tujuan saya kali ini adalah Pulau Pahawang, yang terletak di Provinsi Lampung.

Tepat pukul 01.00 dini hari, kami mulai masuk ke kapal laut dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Pukul 04.00 dini hari, kapal yang saya tumpangi bersandar di Pelabuhan Bakauheni. Perjalanan dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni memakan waktu selama 2 jam (kebetulan saat itu kapal baru berangkat pukul 02.00 pagi).

Saya tidak menyarankan Anda untuk membeli makanan/minuman di Kapal karena harganya relatif mahal. Untuk Pop Mie dihargai 15.000 rupiah, dan teh pucuk ukuran 500ml dihargai 20.000 rupiah (what a waste).

Dari Pelabuhan Bakauheni, saya harus naik mobil/travel menuju Dermaga Ketapang. Meskipun di Pelabuhan Bakauheni banyak yang menawarkan travel antar jemput ke Dermaga Ketapang, ada baiknya jika kendaraan sudah di booked dari jauh-jauh hari (untuk menghindari terlantar di Pelabuhan atau dicurangi orang yang mengaku jasa travel). Perjalanan menuju Dermaga Ketapang memakan waktu 2 jam, dengan kondisi jalan yang berbelok-belok dan berlubang.

Sesampainya di Dermaga Ketapang, saya meluangkan waktu sebentar untuk sarapan dan berganti pakaian. Dari dermaga ini, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal kecil untuk hopping island. Pulau pertama yang saya kunjungi dari Dermaga Ketapang adalah Pulau Kelagian Kecil. Perjalanan menuju pulau Kelagian membutuhkan waktu selama 30 menit.

Ada beberapa pulau yang bisa dikunjungi setelah Pulau Kelagian Kecil, yaitu Pulau Kelagian Besar, Pulau Kelagian Kecil, Pulau Pahawang Besar, Pulau Pahawang Kecil, dan pantai Cukuh Bedil. Khusus untuk Pantai Cukuh Bedil, pantai ini hanya ada saat air laut sedang surut, karena pada kondisi pasang, pantai ini tidak terlihat.






Sedangkan untuk snorkeling spot, Anda bisa mengunjungi Taman Nemo, Taman Laut, dan Cukuh Bedil. Pulau-pulau tersebut jaraknya tidak terlalu jauh, bisa ditempuh menggunakan kapal kecil.




Untuk penginapan, banyak homestay yang disewakan olen warga di Pulau Pahawang Besar. Kebanyakan wisatawan menginap di daerah tersebut. Untuk harga makanan atau jajanan di sekitar Pulau Pahawang masih relatif normal: gorengan seharga 1.000 rupiah, indomie + telur seharga 12.000 rupiah, minuman cokelat dingin seharga 5.000 rupiah, dan teh manis hangat seharga 4.000 rupiah.

Yuk, jalan-jalan ke Pulau Pahawang!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Halo mba, boleh minta contact travel dari bakauheuni ke ketapang? Saya rencana berangkat dari jakarta soalnya :) terimakasih

    ReplyDelete

Subscribe