Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

December 09, 2017

Tidak lengkap rasanya pergi berlibur tanpa mencoba makanan khas di daerah yang kita kunjungi. Agar tak bingung saat berburu kuliner di Jogja, berikut beberapa tempat wisata kuliner yang saya kunjungi dan bisa jadi referensi untuk kamu selama berpelesir di kota Jogja :

1. Il Tempo del Gelato
Setelah berpanas-panas mengelilingi Jogja, cobalah singgah di kedai es krim Il Tempo del Gelato yang berlokasi di Jalan Prawirataman No 43, Yogyakarta. Disini kamu bisa memilih berbagai jenis varian es krim dengan harga IDR 20K sampai IDR 115K. Interior Il Tempo del Gelato juga cocok untuk menambah Instagram feed kamu.
Interior Il Tempo del Gelato Yogyakarta
Interior Il Tempo del Gelato Yogyakarta
Ice Cream Matcha & Coffee for IDR 25K
Di situs TripAdvisor, Il Tempo del Gelato memperolah 4.5 dari 5 bintang, dengan total 502 ulasan dari pengunjung. Il Tempo del Gelato buka setiap hari pukul 11.00 - 22.00.

2. House of Raminten
House of Raminten adalah restoran makanan khas Jawa yang berlokasi di Jalan FN. Noto No. 07, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Tempat ini terkenal bukan hanya menjadi salah satu tujuan wisata kuliner oleh pelancong, tapi juga terkenal sebagai salah satu tempat nongkrong kaum muda di Yogyakarta. Kebetulan saat itu saya datang Sabtu malam, tepat di jam makan malam, sehingga harus sedikit menunggu sampai bisa mendapatkan tempat duduk. Tapi tidak perlu khawatir, karena begitu masuk, terdapat ruang tunggu dimana kamu akan ditemani oleh 2 orang staff yang akan memanggil namamu apabila tempat duduk sudah tersedia (ini mengingatkan saya seperti antrian di Rumah Sakit).

Melalui situs TripAdvisor, House of Raminten memperoleh 4 dari 5 bintang, dengan total 1.259 ulasan dari pengunjung. Untuk makanan, harga yang ditawarkan termasuk murah, yaitu berkisar IDR 5K sampai IDR 20K. Dengan harga tersebut, kamu bisa makan sampai kenyang, karena porsi yang dihidangkan terbilang cukup banyak.
Antrian Pengunjung di House of Raminten
Saat itu saya memesan Bakmi Jawa seharga IDR 17K, Sate Lilit (isi 3 tusuk) seharga IDR 11K, dan secangkir Teh Jahe seharga IDR 5K. Harga yang dicantumkan pada menu sudah harga Nett, tidak ada penambahan biaya service charge atau pajak pada customer. Dengan mengeluarkan dana sebesar IDR 33K saja, saya bisa makan kenyang, bahkan sampai sulit bergerak saking kenyangnya.
Bakmi Jawa, sate lilit, dan teh jahe
Hebatnya lagi, House of Raminten buka 24 jam, jadi kamu tidak perlu takut apabila di tengah malam atau subuh mendadak kelaparan.

3. Yam Yam Resto
Yam Yam Resto lokasinya persis berada di sebelah Il Tempo del Gelato, lebih tepatnya di Jl. Prawirotaman No. 39, Yogyakarta dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 - 23.00. Yam Yam Resto merupakan restaurant makanan Thailand yang memiliki rating sebesar 4.5 dari 5 bintang dengan total 320 ulasan di situs TripAdvisor.
Bagian Depan Yam Yam Resto
Ukuran restaurant terbilang kecil, namun cukup nyaman dengan pelayanan yang super-duper ramah. Harga yang ditawarkan berkisar antara IDR 25K sampai IDR 115K. Tidak hanya spesialis masakan Thailand, Yam Yam Resto juga menyediakan menu western food seperti spaghetti.
Tom Yum Seafood
Kebetulan saat itu saya memesan seporsi sup seafood tom yam dengan harga sebesar IDR 75K dan segelas es teh manis. Makanannya enak, sup seafood tom yum terasa segar di mulut dan tidak terlalu pedas. Namun karena saya baru saja selesai menghabiskan es krim dan berbagai makanan lainnya, saya keburu kenyang dan tidak sanggup menghabiskan makanan saya. Saat saya membayar, waiters disana menghampiri dengan ramah dan bertanya apakah ada yang salah dengan makanan saya sehingga tidak dihabiskan. Saya mengacungi 4 jempol (dari tangan dan kaki sekaligus) untuk service di Yam Yam Resto.

4. Angkringan Kopi Jos Lik Man
Belum lengkap kalau nongkrong tanpa kopi. Kamu harus coba salah satu kopi di angkringan kopi paling terkenal di Yogyakarta, Angkringan Kopi Jos Lik Man, yang berlokasi di Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Yogyakarta. Letaknya tidak jauh dari Stasiun Tugu. Di Jalan tersebut, kamu akan menemukan banyak kedai yang menjual kopi jos dengan trotoar sepanjang jalan yang dijadikan tempat lesehatan untuk pengunjung.
Kopi Jos Lik Man
Kopi jos sebenarnya adalah kopi hitam yang diseduh dengan menggunakan bara api. Tidak tanggung-tanggung, bara api tersebut langsung dicelupkan ke dalam kopi sehingga mengeluarkan bunyi "jos", yang kini menjadi nama beken untuk kopi tersebut. Harganya pun terbilang murah. Untuk satu gelas besar kopi hitam harganya hanya sebesar IDR 5K saja.

Tidak hanya kopi, kamu juga bisa memesan menu minuman lain yang disediakan seperti wedang jahe, teh, dsb. Selain itu, kamu juga membeli gorengan atau bahkan nasi kucing yang juga dijual di Angkringan kopi ini.

5. Gudeg Yu Djum
Gudeg Yu Djum memang sudah terkenal sebagai salah satu gudeg yang wajib dicoba saat berkunjung ke Yogyakarta. Sayangnya, di tahun 2016 lalu, pendiri sekaligus ikon legendaris dari Gudeg Yu Djum tutup usia.

Saat ini terdapat beberapa cabang Gudeg Yu Djum yang berlokasi di Maguwo, Gamping, Barek, dan Gading yang di kelola oleh anak pertama dari almarhumah Yu Djum. Sedangkan warung Yu Djum yang tersebar di daerah lainnya dikelola oleh anak-anak lainnya serta keponakan dari almrahumah.
Nasi gudeg krecek telur ati ampela
Harga yang dipatok untuk seporsi gudeg berkisar antara IDR 11K sampai IDR 45K. Kebetulan saat itu saya memesan nasi gudeg krecek telur ati ampela seharga IDR 24K dan segelas es jeruk seharga IDR 5K. Sayangnya, banyak yang bilang sejak kepergian mendiang Yu Djum, rasa nasi gudeg di warung ini tidak seenak dulu.

6. Water Castle Cafe
Sesuai dengan namanya, cafe ini terletak di dekat Taman Sari atau lebih tepatnya di Jalan Polowijan, Patehan, Yogyakarta. Mencari cafe ini susah-susah gampang, karena kalau kamu cari cafe ini melalui GPS atau google maps, kamu akan diputar-putar sampai bingung. Saya sendiri berhasil menemukan cafe ini setelah berkeliling mengikuti GPS dan bertanya pada orang sekitar.
Eksterior Water Castle Cafe
Untuk sampai di Water Castle Cafe, kamu bisa masuk ke Pasar Ngasem terlebih dahulu, lalu jalan sampai ke bagian paling belakang pasar. Di bagian belakang pasar terdapat pintu keluar, dimana kamu bisa langsung menemukan Water Castle Cafe. Kalau sesampainya di Pasar Ngasem kamu kebingungan, boleh kok bertanya pada Bapak/Ibu yang berjualan di pasar tersebut. Mereka akan dengan senang hati menunjukkan bangunan mana yang merupakan Water Castle Cafe.
Banana Pancake & Special Mixed
Sebenarnya cafe ini lebih berupa cafe rumahan (bahkan pemiliknya pun tinggal di tempat tersebut). Menu yang ditawarkan terbilang agak aneh, yaitu seperti nasi ayam dengan saus buah-buahan, dan makanan unik lainnya. Di situs TripAdvisor, Water Castle Cafe memperoleh 4.5 dari 5 bintang dengan total sebanyak 84 ulasan. Harga yang ditawarkan berkisar antara IDR 15K sampai IDR 30K. Karena saat itu masih agak pagi, saya memesan Banana Pancake seharga IDR 22K dan minuman Special Mixed (jus campuran pisang, jahe, dan jeruk) seharga IDR 18K.

Untuk kamu yang mencoba makan atau sekedar melepas penat di Water Castle Cafe, mereka akan buka setiap Selasa-Minggu, pukul 09.00-17.00 (hari Senin tutup). Oh ya, pastikan juga kamu membawa uang cash karena Water Castle Cafe tidak menerima pembayaran selain uang tunai.

7. Via Via Bakery
Nama Via Via Bakery melambung tinggi saat cafe ini digunakan sebagai salah satu tempat shooting untuk film AADC 2, yang berlokasi di Jl. Prawirotaman No. 30, Yogyakarta. Cafe ini didominasi oleh turis-turis asing, sehingga harga yang ditawarkan untuk makanan dan minuman pun terbilang cukup mahal untuk ukuran Yogyakarta, yaitu sebesar IDR 25K sampai IDR 135K. Makanan yang dijual pun bervariasi, mulai dari masakan western hingga masakan Asia. Kamu juga bisa melihat menu makanan di Via Via Bakery disini.
Egg Lovers Sandwich
Karena saat itu kondisi budget liburan sudah mulai menipis, saya memesan porsi makanan yang paling murah, yaitu egg lovers sandwich seharga IDR 25K dan minuman ginger lime honey tea seharga IDR 17K. Untuk porsi sandiwich nya sendiri terbilang cukup besar ditambah dengan selada dan tomat di dalamnya yang terasa sangat segar. Via-via Bakery buka setiap hari dari pukul 07.30-23.00.

Nah, itulah beberapa tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Jadi, kapan kamu mau kulineran??

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe